Gir Satria F-150

Enggak perlu khawatir kalau memang mau ganti sproket depan-belakang Suzuki Satria F-150. Alternatif gir depan-belakang pengganti disediakan dari merek dan tipe lain di luar Satria F-150. Bahkan, ada penggantian gir untuk F-150 khusus bagi yang biasa melintas di kawasan padat merayap.

Sementara ini problem yang kerap melanda pemilik Satria F-150 di penggantian gir depan. Perbandingan sproket depan-belakang 14-43. "Lebih cepat aus dibanding gir belakang. Makanya, banyak yang lebih duluan ganti gir depan," beber Hasan Basri, pemilik dan mekanik Hasan Motor di Kedoya, Jakarta Barat.

Memang, paling pas sih penggantian gir mesti kedua-duanya, plus rantai. Tapi, seandainya dicek lebih cepat aus drive gear alias gir depan F-150 dibanding yang belakang, silakan ambil solusi penggantian gir depan sementara. Tentunya enggak bisa beli satuan kalau mau ambil gir depan yang katagorinya Suzuki Genuine Part (SGP). Antisipasi yang bisa dilakukan adalah beli komponen aftermarket. Silakan pilih gir depan milik Honda GL Pro atau Tiger.

Gir depan-belakang Honda Tiger ukuran 13 mata dan sedang GL Pro 14 mata. Pilihan dari sport Honda itu enggak perlu banyak ubahan saat pemasangan. Di pasaran kedua gir depan itu dibanderol enggak lebih dari Rp 25 ribu. "Semuanya tinggal pasang plek. Gampang, kan," timpal Awi dar bengkel Central Variasi, Cengkareng, Jakarta Barat.

Sekarang giliran alternatif gir belakang (gbr.1). Cara ini kalau mau beli ketengan gir depan dari GL-Pro atau Tiger dan belakang pakai komponen merek motor Macetlain. Pastinya semua varian sproket bebek Suzuki bisa pasang plek ke F-150. Cuma berbeda jumlah mata. Suzuki Smash 35 mata, Shogun 125 dan New Shogun 125 yaitu 35 dan Suzuki Tornado 40 mata.

Kalau dilihat dari sproket belakang, pilihan buat F-150 punya selisih jumlah mata. Pengaruhnya terhadap hasil akhir tenaga dari putaran mesin. Paling cocok gir belakang Tornado (gbr. 2) Tapi, selisih satu mata kurang dari punya F-150 pastinya akan sedikit berpengaruh terhadap performa motor itu sendiri. Terutama di putaran bawah. Satria F-150 atau FU akan agak lelet waktu grip sedikit dipelintir seperti waktu melintas jalan macet yang stop and go. Namun untuk mengejar top-speed lumayan dapat.

Paling aman sih pakai gir belakang 41. Banderol yang dipasang Rp 50 ribuan. Pilihan yang disodorkan juga banyak," yakin Hasan seyakin-yakinnya. Jadi, memang enggak perlu harus bingung!


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by yUdHi3`s Designs